Logo Bloomberg Technoz

Kronologi BFI Finance Mengalami Serangan Siber

Ezra Sihite
24 May 2023 20:20

Logo PT BFI Finance tbk (BFIN) (Twitter)
Logo PT BFI Finance tbk (BFIN) (Twitter)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) mengalami serangan siber yakni peretasan oleh hacker. Lantas kapan tepatnya terjadi dan bagaimana kronologi terjadinya serangan siber tersebut.

Berikut lini waktu yang dihimpun lewat keterangan dari BFIN, media sosial dan pemberitaan adanya gangguan dalam sistem di perusahaan tersebut.

Serangan siber disebutkan terjadi pada Minggu (21/5/2023) namun pihak BFIN belum mengumumkan soal serangan tersebut. Setelah mengalami serangan, BFIN melakukan temporary switch off pada sejumlah sistem utamanya.

Hal ini kemudian disebut menyebabkan terjadinya gangguan layanan yang dialami konsumen sejak Senin (22/5/2023). Pada Senin, akun Instagram resmi BFI Finance kemudian mengunggah bahwa sedang ada pemeliharaan sistem.

Pengumuman BFI Finance soal pemeliharaan sistem (Instagram BFI Finance)


"Untuk berkomitmen bahwa saat ini BFI Finance sedang melakukan pemeliharaan sistem dan jaringan. Untuk terus berkomitmen melayani Anda semua silakan hubungi kami via DM untuk informasi atau pertanyaan Anda lebih lanjut," dituliskan dalam akun BFI Finance. Mohon maaf atas ketidaknyamanan dan hati-hati terhadap segala penipuan yang mengatasnamakan BFI Finance," dikutip dari platform media sosial BFIN.