Logo Bloomberg Technoz

Agendanya adalah menaikkan plafon utang, menunda pembayaran utang, atau memangkas anggaran operasional negara agar terhindar dari potensi gagal bayar utang AS.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan, default dapat terjadi paling cepat pada 1 Juni jika plafon utang tidak segera dinaikkan. Selain itu, kegagalan untuk mengangkat plafon utang akan mengguncang pasar keuangan, termasuk pasar aset kripto.

Efek sampingannya adalah mendorong suku bunga acuan yang lebih tinggi dalam segala hal mulai dari pembayaran mobil hingga kartu kredit.

Berkaca dari sejarah, pada 2011 dan 2013 silam AS pernah diguncang ancaman serupa. Namun, bisa dicegah dengan adanya penundaan pembayaran utang, kenaikan plafon utang, dan efisiensi anggaran pemerintah.

“Karena AS tidak pernah mengalami gagal bayar utang sebelumnya, maka akan sulit memprediksi bagaimana dampaknya ke pasar aset kripto seperti Bitcoin. Namun, jika The Fed melakukan langkah mendorong suku bunga lebih tinggi, maka akan menyebabkan tekanan kepada aset kripto, khususnya Bitcoin,” jelas Panji.

Meskipun demikian, survei Markets Live (MLIV) Pulse oleh Bloomberg yang dipublikasikan Senin (15/5/2023), menunjukkan bahwa Bitcoin menjadi salah satu pilihan aset warga AS jika pemerintah gagal dalam memenuhi kewajiban bayar utang.

Adapun Bitcoin menempati posisi ketiga, berada dalam daftar setelah emas, dan treasuries. Sekitar 8% responden investor profesional, dan 11% responden investor ritel mengatakan bahwa mereka berniat untuk membeli Bitcoin sebagai lindung nilai utama mereka terhadap skenario gagal bayar utang.

Gubernur Bank Sentral AS The Fed Jerome Powell kepada media usai rapat Federal Open Market Committee (FOMC). (Dok Bloomberg)

Menurut Panji, investor masih menunggu perkembangan lebih lanjut terkait plafon utang AS, dan risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal AS (Federal Open Market Committee/FOMC) terbaru yang dijadwalkan pada Rabu mendatang untuk menganalisis kebijakan moneter yang akan diambil.

Bersamaan dengan mencermati data Indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (Personal Consumption Expenditure/PCE) pada April yang akan dirilis pada Jumat (26/5/2023). Panji menyarankan investor aset kripto muali mempertimbangkan masuk ke Altcoin sebagai alternatif investasi, untuk pekan ini.

Beberapa Altcoin saat ini telah rebound dari area support-nya. Altcoin juga menunjukan tanda potensi berbalik arah dari bearish ke bullish. Penguatan Bitcoin sebagai aset kripto utama berpotensi akan memberikan imbas ke positif ke pergerakan Altcoin.

(fad/wep)

No more pages