Logo Bloomberg Technoz

BMRI Terbitkan Obligasi Rp5 T Khusus untuk Sektor 'Hijau'

Dityasa Hanin Forddanta
23 May 2023 10:32

Ilustrasi Bank Mandiri. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Bank Mandiri. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan bertajuk Green Bond Bank Mandiri Tahap I Tahun 2023. Target indikatif emisi ini sebesar Rp5 triliun.

Penerbitan tersebut adalah bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) Green Bond Bank Mandiri dengan total nilai Rp10 triliun. "Green bond akan digunakan untuk membiayai atau membiayai kembali kembali kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam kategori Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL)," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Darnawan Junaidi, dalam keterangan resmi, Selasa (23/5/2023).

Penerbitan obligasi tersebut, lanjut Darmawan, adalah salah satu inisiatif strategis untuk memperkuat struktur pendanaan dalam mendukung rencana ekspansi bisnis dalam kerangka implementasi Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Bank Mandiri pada pilar Sustainable Banking. 

Ia menambahkan, penerbitan green bond mempertegas konsistensi Bank Mandiri dalam penerapan keuangan berkelanjutan melalui pengembangan produk dan jasa keuangan berkelanjutan, seta pentingkatan portofolio Green Financing. "Hal ini juga menjadi komitmen kami dalam mendukung pencapaian target net zero emission (NZE) Indonesia pada 2060," imbuhnya.

Bank Mandiri telah menunjuk enam perusahaan penjamin emisi, yakni Bahana Sekuritas, BNI Sekuritas, BRI Danareksa Sekuritas, CIMB Niaga Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Indonesia, untuk mendukung aksi korporasinya tersebut.