Logo Bloomberg Technoz

Pesan Jokowi Saat Terima Para Finalis Puteri Indonesia 2023

Ezra Sihite
23 May 2023 09:40

Presiden Jokowi dan para finalis Puteri Indonesia 2023 (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan para finalis Puteri Indonesia 2023 (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima para finalis ajang Puteri Indonesia tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta pada Senin (22/05/2023). Ada sejumlah pesan yang disampaikan Jokowi termasuk soal peran penting generasi muda terhadap bonus demografi Indonesia.

“Pertama berkaitan dengan pentingnya peran generasi muda untuk memastikan bonus demografi kita terkonversi dalam 13-15 tahun ke depan menuju Indonesia negara maju,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam keterangannya selepas mendampingi presiden dalam pertemuan tersebut di Jakarta, sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Menurut Presiden Jokowi, banyak negara yang tidak bisa meninggalkan statusnya sebagai negara berpenghasilan menengah namun tak menjadi negara maju karena generasi mudanya tidak memiliki terobosan dan inovasi. Presiden meminta para finalis Puteri Indonesia dapat memberikan kontribusi dalam membawa Indonesia menjadi negara maju.

“Pesan presiden agar para Puteri Indonesia sebagai bagian dari bonus demografi memberikan kontribusi dan membawa Indonesia menjadi negara maju dengan pendapatan di atas 25 ribu dolar per kapita atau GDP per kapita US$25 ribu ke atas di tahun 2045,” kata dia lagi.

Presiden Jokowi juga menyampaikan pesan terkait pariwisata dan ekonomi kreatif. Para finalis Puteri Indonesia diminta untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang dimiliki oleh Indonesia, terutama destinasi wisata prioritas seperti Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, Likupang, hingga Borobudur.