Logo Bloomberg Technoz

Cloudflare, Sistem Antrean Tiket Coldplay untuk Cegah Situs Down

Whery Enggo Prayogi
19 May 2023 15:40

Situs pemesanan tiket Coldplay penuh. (dok coldplayjakarta.com)
Situs pemesanan tiket Coldplay penuh. (dok coldplayjakarta.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - War tiket Coldplay berakhir sudah. Hari ini, Jumat (19/5/2023) pemesanan tiket onsale sudah laku seluruhnya. Pun demikian dengan tiket presale dua hari sebelumnya. Menariknya pada laman resmi pembelian coldplayjakarta.com, calon penonton Coldplay diminta untuk menunggu.

Menurut seorang developer full-stack, Helmi Satria, Loket memanfaatkan layanan pihak ketiga bernama Cloudflare untuk me-manage antrean. Diketahui war tiket Coldplay sejak 17 hingga 19 Mei mengalami lonjakan traffic.

Helmi, dalam akun Tiktok-nya memberi penjelasan bahwa Cloudflare berfungsi sebagai penjaga di fase awal sebuah situs untuk mencegah lonjakan traffic. Layaknya jasa pengamanan pada sebuah kantor atau rumah.

“Jadi Cloudflare ini memiliki jasa Cloudflare waiting room, sehingga Loket bisa menerima traffic yang lebih bisa diprediksi, jadi kerja sistem Loket bisa lebih tenang karena dijagain sama Cloudflare,” kata Helmi usai dikonfirmasi Bloomberg Technoz, Jumat (19/5/2023).

Dalam ilustrasinya, jika situs Loket hanya sanggup menampung 100 user secara bersamaan namun faktanya ada 1.000 orang akan masuk maka Cloudflare segera melimitasi. User yang belum mendapatkan kesempatan masuk akan diarahkan ke laman Cloudflare waiting room.