Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi China Mulai Pulih, Kinerja Ekspor RI ke China Malah Turun

Shinta Dwi Ayu
15 May 2023 16:30

Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pembukaan kembali ekonomi China pasca pemberlakuan kebijakan Zero Covid tampaknya belum banyak berkontribusi positif terhadap kinerja perdagangan Indonesia.

Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS Imam Machdi menyampaikan, ada sederet negara tujuan ekspor Indonesia pada bulan April 2023 kemarin. Dari daftar tersebut, China menjadi negara dengan tujuan ekspor tertinggi dibandingkan dengan negara lain yakni mencapai US$4,62 miliar dengan pangsa 25,62%.

Meski menjadi negara dengan tujuan ekspor tertinggi, bulan April 2023, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke China justru mengalami penurunan. BPS mencatat ekspor nonmigas Indonesia ke China senilai US$ 4,62 miliar, turun 18,49% secara bulanan atau month to month (mtm).

Penurunan ekspor terjadi pada komoditas bahan bakar mineral (HS 27), Lemak dan minyak hewani/nabati (HS 15), kemudian Besi dan Baja (HS 72).

"Imam mengatakan, pada bulan April 2023 ekspor nonmigas Indonesia ke China senilai US$ 4,62 miliar memang mengalami penurunan," tutur Imam dalam Konfersi Pers di Kantor Bada Pusat Statistik, Jakarta Barat Senin, (15/5/2023).

Pangsa ekspor nonmigas Indonesia April 2023 (BPS)