Logo Bloomberg Technoz

BPS: Kinerja Ekspor Impor Anjlok Dampak Libur Lebaran

Shinta Dwi Ayu
15 May 2023 12:07

Kegiatan ekspor China (Sumber: Bloomberg)
Kegiatan ekspor China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor Indonesia melambat signifikan pada April 2023. Nilai total ekspor Indonesia April 2023 mencapai US$19,9 miliar, turun 17,62% dibandingkan Maret 2022.

Deputi Kepala BPS Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Imam Machdi mengatakan berdasarkan pola perdagangan Indonesia dari tahun ke tahun, BPS mencatat adanya penurunan beberapa aktivitas produksi utamanya untuk transaksi ekspor pada bulan Ramadan.

"Sehingga dengan demikian aktivitas ekspor ini juga akan terpengaruh. Sehingga ini kita lihat terjadinya siklus momentum pada hari raya Idul Fitri," kata Imam dalam konferensi pers Senin (15/5/2023).

Ekspor non migas selama April 2023 (BPS)

Selain itu Imam mengatakan sepeanjang 2022, lanjut Imam, Indonesia menikmati keuntungan yang sering disebut windfall karena kenaikan harga komoditas. Namun tahun ini, keuntungan itu memudar. Per April 2023, tambah Imam, nilai ekspor komoditas unggulan mengalami penurunan. 

"Terlepas dari momentum Idul Fitri, ekspor batu bara dan minyak sawit disebabkan penurunan volume. Sementara besi dan baja lebih karena harga internasional," kata Imam.