Logo Bloomberg Technoz

Petrosea Akuisisi Perusahaan Tambang Batu Bara Senilai Rp1,34 T

Houtmand P Saragih
12 May 2023 10:15

Bisnis jasa minyak dan gas PT Petrosea Tbk (Dok Petrosea.com)
Bisnis jasa minyak dan gas PT Petrosea Tbk (Dok Petrosea.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Petrosea Tbk (PTRO), emiten konstruksi, pertambangan dan penggalian, mengumumkan rencana akuisisi PT Kemilau Mulia Sakti (KMS). Nilai transaksi akuisisi pemilik perusahaan batu bara itu mencapai US$90,5 juta atau setara Rp1,34 triliun.

Informasi akuisisi itu disampaikan perseroan dalam keterbukaan informasi yang dipublikasikan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia. Akuisisi senilai Rp1,34 triliun tersebut mewakili 99,93% KMS yang dimiliki PT Insan Global Pawulang.

Direktur PTRO Aldi Rakmatillah dalam keterangan tertulis yang disampaikan ke BEI menjelaskan, perusahaan sudah melakukan perjanjian pengingatan jual beli saham bersyarat dengan PT Insan Global Pawulang, pemegang 99,93% saham KMS, pada 10 Mei 2023.

Sementara KMS, adalah pemegang saham PT Cristian Eka Pratama, yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang operasi penambangan batu bara dan pemegang Izin Usaha Pertambangan-Operasi Induk (IUP-OP) di wilayah Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Menurut Aldi, transaksi tersebut tidak berdampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan dan kelangsungan usaha Petrosea.