Logo Bloomberg Technoz

IMF: Gagal Bayar AS Akan Berdampak Serius Bagi Dunia

News
12 May 2023 07:50

Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Sumber: Bloomberg)
Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Sumber: Bloomberg)

Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Dana Moneter Internasional memperingatkan dampak yang sangat serius bagi Amerika Serikat (AS) dan ekonomi global jika negara tersebut gagal bayar. Organisasi ini pun mendesak kedua belah pihak, yaitu Partai Demokrat dan Republik untuk segera mencapai konsensus tentang plafon utang AS. 

Juru bicara IMF Julie Kozack mengatakan pada Kamis (11/05/2023) bahwa konsekuensi potensial dari default AS di antaranya adalah suku bunga yang lebih tinggi dan ketidakstabilan yang meluas. Hal itu akan menambah guncangan yang terjadi beberapa tahun terakhir, termasyk pandemi Covid-19 dan perang di Ukraina.

“Diskusi di AS berlangsung pada saat yang sangat sulit bagi ekonomi global,” katanya. “Penilaian kami adalah bahwa akan ada dampak yang sangat serius, tidak hanya untuk AS tetapi juga untuk ekonomi global, jika terjadi gagal bayar utang AS. Dan kami sangat mendorong pihak-pihak di AS untuk bersama-sama mencapai konsensus untuk segera mengatasi masalah ini.”

Presiden Joe Biden dan para pemimpin kongres dijadwalkan bertemu hari Jumat (12/05/2023) ini untuk lanjutkan pembahasan soal risiko gagal bayar utang. Sebelumnya, mereka sudah bertemu awal pekan ini.