Logo Bloomberg Technoz

KTT ASEAN, Isi Pertemuan Jokowi dengan Pimpinan Negara

Fransisco Rosarians Enga Geken
10 May 2023 19:40

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka KTT Asean 42 di Meruorah Hotel Labuan Bajo. (Photo credit: ASEAN2023 Host Photographer)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka KTT Asean 42 di Meruorah Hotel Labuan Bajo. (Photo credit: ASEAN2023 Host Photographer)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara Asia Tenggara pada Konferensi Tingkat Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi yang turut mendampingi presiden membeberkan sejumlah isi pertemuan di sela KTT ASEAN 2023 tersebut.

Menurut dia, Jokowi membahas sejumlah isu penting saat bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. Salah satunya, kedua pimpinan negara tersebut ingin meyelesaikan sejumlah isu tentang batas negara pada sisi laut dan darat.

Rencananya, Indonesia dan Malaysia akan segera menandatangani nota kesepahaman tentang perbatasan darat segmen Sebatik dan segmen Sesai. Selain itu, ada juga perjanjian tentang perbatasan laut di Laut Sulawesi dan Selat Malaka. 

“Presiden Jokowi kembali mengingatkan pentingnya optimalisasi One-Channel System dan pelindungan para pekerja migran Indonesia yang bekerja di Malaysia," ujar Retno dalam rilis kementeriannya, Rabu (10/5/2023).

Dalam pertemuan tersebut, kata Retno, Anwar pun kembali menyampaikan undangan kepada Jokowi untuk berkunjung ke Malaysia. Kunjungan tersebut juga diharapkan mempererat hubungan kedua negara.