Logo Bloomberg Technoz

Di Balik Ngaretnya Jawa-1, Megaproyek PLTGU Terbesar Asean

Rezha Hadyan
10 May 2023 16:30

Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)
Ilustrasi PLTGU. (Dok ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyelidiki isu dugaan gangguan teknis pada peralatan yang digunakan untuk megaproyek pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Jawa-1. 

Operasional megaproyek pembangkit berkapasitas terpasang sebesar 1.760 MW –yang digadang-gadang menjadi PLTGU terbesar di Asia Tenggara– tersebut telah meleset hampir dua tahun dari target operasional pada Desember 2021.

Santer terdenger kabar bahwa molornya operasional PLTGU Jawa-1 dipicu oleh gangguan teknis berupa peralatan yang tidak sesuai standar. Adapun, produsen peralatan tersebut berasal dari perusahaan Amerika Serikat, GE Electric.  

Sekarang masih proses, semoga sebelum akhir tahun ini sudah bisa commercial operation.

Country Leader Indonesia GE, George Arie W. Djohan

Terkait dengan isu tersebut, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan isu tersebut saat ini tengah didalami oleh pemerintah.

"Ini kan kan seperti proyek [pada] umumnya, selalu ada hal-hal yang terkendala secara teknis. Kementerian ESDM masih terus memonitor terkait dengan itu," ujarnya singkat, di sela acara GE Indonesia: State of the Arc Conference, Rabu (10/5/202).