Logo Bloomberg Technoz

Ingin Saingi China, RI Ajak Jerman Investasi Panel Surya

10 May 2023 10:50

Ilustrasi panel surya. (Dok. Bloomberg)
Ilustrasi panel surya. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Indonesia tengah berupaya untuk mengimbangi dominasi China dalam industri panel surya dengan mengajak Jerman berinvestasi mengembangkan teknologi energi baru terbarukan (EBT) itu ke Tanah Air.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengungkapkan pemerintah telah meminta Jerman untuk membantu pengembangan industri panel surya di Indonesia.

Dia menyebut permintaan itu sudah disampaikan secara resmi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 2022 di Schloss Elmau, Jerman.

“Waktu itu kita datang ke Jerman, datang ke dua menterinya; ‘Bisa enggak kamu transfer [teknologi] ke kita?’, baru kita bisa kontribusi untuk itu dan menyeimbangkan kekuatan tidak semuanya dunia tergantung pada China,” katanya ketika ditemui, Selasa (9/5/2023).

Menurut Rida, permintaan tersebut mendapatkan respons cukup baik dari Pemerintah Jerman. Sebab, dibutuhkan negara lain untuk mengimbangi dominasi China dalam industri yang teknologinya sebagian besar dikembangkan oleh Negeri Panser itu. 

Kapasitas Tenaga Surya Meningkat | Instalasi global kapasitas pembangkit tenaga surya telah meningkat di atas 1.000 gigawatt. (Sumber: Bloomberg)