Logo Bloomberg Technoz

Samsung Larang Staf Gunakan AI Setelah Data Bocor di ChatGPT

News
02 May 2023 11:40

Kantor Samsung di Seoul Korea Selatan (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Kantor Samsung di Seoul Korea Selatan (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Mark Gurman – Bloomberg News

Bloomberg, Samsung Electronics Co. melarang karyawan mereka untuk menggunakan platform kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) generatif seperti ChatGPT setelah adanya kasus staf yang mengunggah kode sensitif ke platform dan menyebabkan kebocoran data.

Samsung mengumumkan para staf di salah satu divisi terbesarnya pada Senin (01/04/2023) tentang kebijakan baru tersebut melalui sebuah memo. Perusahaan khawatir bahwa data yang dikirimkan ke platform AI seperti Google Bard dan Bing disimpan di server eksternal sehingga sulit untuk diambil dan dihapus, dan pada akhirnya dapat bocor ke pengguna lain, menurut dokumen tersebut.

Perusahaan melakukan survei bulan lalu tentang penggunaan platformnAI secara internal dan mengungkap bahwa 65% responden percaya bahwa layanan tersebut menimbulkan risiko keamanan. Sebelumnya pada April, para engineer Samsung secara tidak sengaja membocorkan kode sumber internal dengan mengunggahnya ke ChatGPT. Tidak jelas apa yang tercakup dalam informasi tersebut, dan perwakilan Samsung menolak untuk memberi tanggapan.

“Ketertarikan pada platform AI generatif seperti ChatGPT telah berkembang secara internal dan eksternal. Di saat adanya ketertarikan pada kegunaan dan efisiensi platform ini, ada juga kekhawatiran yang berkembang tentang risiko keamanan yang ditimbulkan oleh AI generative,” kata Samsung kepada para stafnya.