Logo Bloomberg Technoz

Libur Lebaran, Omzet Industri Hotel dan Restoran Meningkat 40%

Sultan Ibnu Affan
28 April 2023 14:00

Ilustrasi Hotel. (Putu Sayoga/Bloomberg)
Ilustrasi Hotel. (Putu Sayoga/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebut omzet bisnis perhotelan dan restoran di Indonesia selama libur Idulfitri 1444H atau Lebaran 2023 meningkat signifikan dibandingkan dengan periode liburan biasa.

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran mengatakan, jika dibandingkan dengan hari libur biasa, peningkatan omzet bisnis perhotelan dan restoran selama libur Lebaran tahun ini mencapai 30% hingga 40%.

“Kalau untuk peningkatan selama libur Lebaran ini, tentu kalau dibandingkan hari libur biasa itu mencapai 30%—40%,” kata Maulana saat dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat (28/4/2023).

Maulana mengungkapkan peningkatan tersebut terjadi pada H+1 Idulfitri. Menurutnya, pada saat itulah masyarakat baru akan berlibur dan ramai-ramai memesan kamar hotel.

“Kalau kita lihat [kapan] mulai terjadi peningkatan, kalau kita bicara dari sisi bisnis hotel itu mulai di hari kedua Lebaran. Kalau hari pertama, masyarakat masih banyak melakukan silaturahmi. Hari kedua, mereka mulai melakukan perjalanan wisata. Di situlah dampak perjalanan wisata yang membawa impact kepada bisnis hotel dan restoran,” lanjutnya.