Logo Bloomberg Technoz

Penjualan Mobil Listrik Kuartal I Ngegas 1.584%, Apa Terlaris?

Wike Dita Herlinda
27 April 2023 10:50

Mobil Listrik Tesla (Doc. Tesla)
Mobil Listrik Tesla (Doc. Tesla)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kalangan ekonom memproyeksikan penjualan mobil di Indonesia pada 2023 mencapai 950 ribu—1,05 juta unit, yang salah satunya ditopang oleh lonjakan pembelian kendaraan elektrik. Terbukti, per kuartal I-2023 saja, pertumbuhan penjualan mobil listrik melesat 1.584,2% secara tahunan.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan katalis positif pendorong penjualan mobil pada tahun ini mencakup peluncuran model-model baru, serta perkembangan ekosistem industri mobil listrik. Selain itu, optimisme konsumen yang masih terjaga juga akan mendorong kinerja penjualan mobil pada tahun ini.

“Kami memperkirakan penjualan mobil domestik pada 2023 sekitar 950 ribu—1,05 juta unit,” ujarnya dalam paparan hasil riset Office of Chief Economist Bank Mandiri, dikutip Kamis (27/4/2023). 

Dia mengelaborasi faktor risiko penjualan mobil di Indonesia tahun ini masih berkutat pada persoalan perlambatan ekonomi global yang lebih dalam dari perkiraan awal. 

“Perlambatan ekonomi global bisa menekan consumer confidence masyarakat sehingga menunda belanja durable goods, termasuk pembelian mobil,” terangnya.

Kami memperkirakan penurunan harga mobil Hyundai Ioniq5 dan Wuling AirEV masing-masing sekitar Rp80 juta dan Rp30 juta.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro