Logo Bloomberg Technoz

Bisa Dipanggil, 3 SPKLU Mobile Siaga di Tol Jateng

Donald Banjarnahor
20 April 2023 19:45

Dok: PLN
Dok: PLN

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bagi Anda yang mudik menggunakan mobil listrik mungkin akan merasa khawatir akan risiko kehabisan daya alias low battery (low batt). Apalagi bila anda low batt di tengah-tengah jalan tol yang nan panjang.

Meski jarak tempuh sudah dalam jangkauan kapasitas mobil listrik, namun risiko kehabisan baterai tetap ada karena kemacetan di waktu mudik sering kali tidak bisa diprediksi. 

Nah, permasalahan ini disikapi oleh PLN dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mobile. Sayangnya SPKLU Mobile ini baru tersedia di Tol Trans Jawa, khususnya di Wilayah Jawa Tengah (Jateng) . 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, A. Bargowo Wahyu Jatmiko menyampaikan  SPKLU mobile ini siap siaga di 3 titik yaitu exit Tol Bawen, exit Tol Weleri, dan exit Tol Semarang selama periode arus mudik dan arus balik pada 19 April hingga 2 Mei 2023. SPKLU ini dapat mendatangi mobil listrik yang kehabisan daya di tengah jalur tol. 

"Kami siapkan 3 Unit SPKLU mobile, jadi kita dapat melakukan pengisian daya dimanapun dan kapanpun. Inovasi ini sangat cocok untuk keadaan darurat yang bisa jadi dialami para pemudik yang menggunakan listrik, yaitu kehabisan daya mobil di tengah ruas jalan tol," tutur Jatmiko, dalam siaran pers, Kamis (20/4/2023).