Logo Bloomberg Technoz

Fitch Solutions: PDB RI Tumbuh 4,8%, Rupiah di Rp 15.600/US$

Hidayat Setiaji
23 April 2023 07:30

Pelemahan nilai tukar rupiah menghadapi dolar AS terus tertekan (Bloomberg)
Pelemahan nilai tukar rupiah menghadapi dolar AS terus tertekan (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Fitch Solution merilis laporan bulanan terbaru edisi Maret 2023. Dalam laporan itu, Fitch Solutions memberikan proyeksi terbarunya tentang prospek ekonomi Indonesia.

Untuk pertumbuhan ekonomi, Fitch Solutions memperkirakan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia tumbuh 4,8% tahun ini. Melambat dibandingkan 2022 yang tumbuh 5,3%.

“Data terakhir menunjukkan pertumbuhan ekspor sudah mencapai puncaknya, dan kami memperkirakan terjadi perlambatan signifikan pada 2023. Penurunan harga komoditas, inflasi, dan pencabutan dukungan kebijakan akan menahan laju pertumbuhan ekonomi,” sebut laporan Fitch Solutions.

Sumber: Fitch Solutions

Konsumsi rumah tangga, lanjut laporan Fitch Solutions, mengalami perlambatan. Ini terlihat dari laju pertumbuhan penjualan ritel yang melambat. 

Namun, di sisi lain Indonesia akan mendapat keuntungan dari kembalinya wisatawan mancanegara (wisman). Kunjungan wisman terus meningkat, meski masih berada di bawah kondisi sebelum pandemi Covid-19. Ini akan memberikan dorongan bagi pertumbuhan ekonomi.

Sumber: Fitch Solutions