Logo Bloomberg Technoz

Fitch Ratings Turunkan Peringkat Utang Lippo Malls Indonesia

Muhammad Julian Fadli
20 February 2023 16:12

Lippo Malls Indonesia (Tangkapan Layar Presentasi Perusahaan)
Lippo Malls Indonesia (Tangkapan Layar Presentasi Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga Pemeringkat Internasional, Fitch Ratings memangkas peringkat utang Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT) menjadi CCC+ dari sebelumnya B- untuk utang jangka panjang (Long Term Issuer Default Rating).

Fitch juga menurunkan peringkat pada catatan utang senior (Senior Unsecured Notes) LMIRT yang jatuh tempo pada 2024 dan 2026 menjadi CCC+ dari sebelumnya B-

Peringkat Pemulihan (Recovery Rating) tetap pada RR4. Catatan tersebut diterbitkan oleh anak perusahaan sepenuhnya LMIRT, LMIRT Capital Pte. Ltd, dan dijamin oleh Perpetual (Asia) Limited, sebagai wali amanat (Trustee) dari LMIRT.

Fitch Ratings menjelaskan, penurunan peringkat mencerminkan risiko yang lebih tinggi yang akan dihadapi LMIRT dalam refinancing utang besar yang akan jatuh tempo di tengah kondisi pasar modal yang tidak menguntungkan dan sentimen investor yang melemah.

Lippo Malls Indonesia Retail Trust (LMIRT) akan memerlukan pendanaan eksternal untuk memenuhi sebagian besar yang akan jatuh tempo dalam 16 bulan ke depan sebesar SG$ 580 juta, atau dua pertiga dari total utang.