Logo Bloomberg Technoz

Alasan Megawati Umumkan Capres Ganjar Pranowo pada 21 April

Rezha Hadyan
21 April 2023 17:00

Rapat DPP Partai PDI Perjuangan ke 140. (Tangkapan layar Youtube PDI Perjuangan)
Rapat DPP Partai PDI Perjuangan ke 140. (Tangkapan layar Youtube PDI Perjuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung di Pemilu 2024. Pengumuman ini dilakukan sehari sebelum Idulfitri 1444 H. 

Ketua Umum PDIP Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan hal itu di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat yang diikuti oleh ribuan kader dan simpatisan PDIP secara daring. Sebagian elite PDIP termasuk Presiden Joko Widodo berada di tempat. Sementara kebanyakan kader mengikuti melalui saluran virtual.

Sebab kata Bung Karno perempuan adalah jalan peradaban,

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri menyebut pemilihan tanggal 21 April untuk mengumumkan capres dari partainya bukan tanpa alasan. Pemilihan tanggal tersebut terkait dengan penetapan R.A. Kartini sebagai pahlawan nasional oleh Presiden RI ke-1 Soekarno.

"Beliau adalah sosok pembebasan, pelopor perjuangan kaum perempuan, ini bukan sekadar perjuangan emansipasi belaka, bukan pula hanya sekadar politik afirmatif. Namun menyangkut hal mendasar terkait harkat dan martabat kaum perempuan. Sebab kata Bung Karno perempuan adalah jalan peradaban," kata Megawati saat mengumumkan capres dari PDIP pada Jumat (21/4/2023).

Putri kandung Presiden pertama Indonesia Soekarno itu juga menyebut perempuan punya peran penting dalam kehidupan bernegara. Hal itu digambarkan melalui sayap burung garuda yang mana sisi kanan adalah laki-laki dan sisi kirinya adalah perempuan.