Logo Bloomberg Technoz

Profil Ganjar Pranowo, Cah Karanganyar yang Jadi Capres PDIP

Rezha Hadyan
21 April 2023 14:00

Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar via Instagram @ganjar_pranowo)
Ganjar Pranowo. (Tangkapan layar via Instagram @ganjar_pranowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipastikan akan maju ke Pemilihan Presiden 2024-2029, setelah mendapatkan mandat dari PDI Perjuangan. Pengumuman Ganjar sebagai Capres disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

"Pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai ditingkatkan penuagasan sebagai capres Republik Indonesia dari PDI Perjuangan, " kata Megawati Soekarnoputri di Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar Jawa tengah pada 28 Oktober 1968. Meski lahir di kabupaten yang berbatasan dengan Solo ini, Ganjar menghabiskan masa kecil di Kutoarjo, sebuah kota kecamatan di wilayah kabupaten Purworejo.

Anak dari pasangan Pamuji dan Sri Suparmi ini bersekolah di SDN 1 Kutoarjo dan melanjutkan ke SMPN 1 Kutoarjo. Lulus SMP Ganjar pindah ke Yogyakarta untuk melanjutkan SMA ke BOPKRII.

Lelaki penyuka musik rock dan metal ini kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum, Universitas Gajah Mada (UGM) dan kemudian mengambil Pascasarjana Ilmu Politik, Universitas Indonesia.