Logo Bloomberg Technoz

Info Mudik

Angkasa Pura: 171.000 Pemudik Padati Bandara Soetta

Elisa Valenta
19 April 2023 12:43

Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Dok angkasapura2.co.id )
Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Dok angkasapura2.co.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Angkasa Pura II mencatat jumlah pemudik di Bandara Soekarno-Hatta diproyeksikan mencapai sekitar 171.000 penumpang dengan 1.208 penerbangan pada puncak arus mudik yang terjadi hari ini Rabu, (19/4/2023).

Presiden Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin memproyeksikan lalu lintas penerbangan pada periode Angkutan Lebaran 2023 akan menyamai tahun 2019 atau periode sebelum pandemi.

"Setelah 3 tahun sejak pandemi, masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik tanpa status PPKM sejalan dengan semakin baiknya penanganan pandemi. Di dalam mengantisipasi peningkatan penerbangan pada Angleb 2023, AP II harus melakukan cara-cara yang tidak biasa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," katanya dalam keterangan yang dikutip Rabu, (19/4/2023).

Oleh karena itu, pada Angleb 2023 ini AP II untuk pertama kalinya mengenalkan konsep Airport Command Center Multikendali guna memastikan kelancaran operasional Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara jangkar rute domestik.

"Melalui Airport Command Center Multikendali keseluruhan operasional Bandara Soekarno-Hatta dapat dipantau untuk memastikan terpenuhinya aspek keselamatan, keamanan, pelayanan dan kepatuhan terhadap regulasi," tambah Muhammad Awaluddin.