Logo Bloomberg Technoz

Kemhan AS Beberkan Ancaman Militer China

News
19 April 2023 07:49

Ilustrasi Bendera China (SUmber: Bloomberg)
Ilustrasi Bendera China (SUmber: Bloomberg)

Courtney McBride, Peter Martin - Bloomberg News

Bloomberg - Sejumlah pejabat senior pertahanan Amerika Serikat (AS) memperingatkan anggota Kongres mengenai ancaman kekuatan militer China yang semakin besar dan meminta agar pembuatan senjata hipersonik AS segera dipercepat. 

Laksamana John Aquilino, komandan Armada Indo-Pasifik AS, mengatakan bahwa "kita harus bergerak lebih cepat" dalam mengembangkan dan mengerahkan senjata hipersonik baru. Senjata jenis ini bisa terbang dan melakukan manuver dengan kecepatan tinggi dan bisa menghindari deteksi radar karena bergerak di ketinggian rendah. 

Kekhawatiran terkait China meliputi "keberhasilan dalam percepatan, kecepatan dan kecanggihan pembuatan senjata yang telah mereka perlihatkan," ujar Aquilino di depan Komite Angkatan Bersenjata Kongres, Selasa (18/4/2023). "Dalam hal ini, kita bisa lebih cepat lagi."

Anggota Kongres Matt Gaetz mengatakan "kita memerlukan kemampuan militer yang belum kita miliki itu dalam waktu dekat," sambil merujuk pada keterangan Aquilino sebelumnya dan bocoran dokumen rahasia pemerintah AS.