Logo Bloomberg Technoz

Tips Mudik Lebaran yang Sehat, Aman dan Nyaman

Ezra Sihite
18 April 2023 15:20

Kendaraan melintas di bawah Alat Sistem Jalan Berbayar Elektronik (ERP) di Jakarta, Senin (20/2/2023). (Bloomberg Technnoz/Andrean Kristianto)
Kendaraan melintas di bawah Alat Sistem Jalan Berbayar Elektronik (ERP) di Jakarta, Senin (20/2/2023). (Bloomberg Technnoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mudik menjadi tradisi yang dilakukan setiap kali musim Lebaran dari tahun ke tahun. Pada 2023 usai pelonggaran kebijakan aturan Covid-19, jumlah pemudik diperkirakan pemerintah akan menyentuh angka 123 juta. Angka itu naik pesat dibandingkan 84 juta orang pada 2022 silam.

Namun saat ini varian Covid-19 Arcturus muncul. Meskipun gejalanya ringan namun pemudik perlu mewaspadainya. Berikut 5 tips mudik aman dan sehat dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang dinggah akun Instagram Kemenkes RI:

1. Vaksinasi Covid-19 booster
2. Pastikan makan yang cukup 
3. Siapkan air dan makanan yang cukup di mobil
4. Pastikan bahan bakar cukup
5. Setiap empat jam setelah mengemudi istirahat agar segar melanjutkan perjalanan.


Selain para pengguna transportasi umum, tak sedikit pengguna kendaraan pribadi yang berangkat menuju kampung halaman. Sementara periode puncak arus mudik diprediksi terjadi mulai 18-21 April 2023. Berikut tips mudik aman dan nyaman dari Dinas Perhubungan:

1. Cek kondisi kendaraan apabila menggunakan kendaraan pribadi
2. Siapkan kelengkapan surat kendaraan baik SIM maupun STNK
3. Pengemudi harus dalam kondisi sehat
4. Istirahat bila mulai lelah atau mengantuk
5. Patuhi aturan lalu lintas
6. Mudik lebih awal dan jika memungkinkan hindari periode puncak arus mudik.