Logo Bloomberg Technoz

Cerita di Balik Booming Drama Korea di Seluruh Dunia

News
08 April 2023 21:28

Seorang pejalan kaki berjalan melewati iklan boy band K-pop BTS yang ditampilkan di Seoul, Korea Selatan, Jumat (18/9/2020). (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Seorang pejalan kaki berjalan melewati iklan boy band K-pop BTS yang ditampilkan di Seoul, Korea Selatan, Jumat (18/9/2020). (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Lucas Shaw - Bloomberg News  

Bloomberg, Hari-hari ini setiap kali Chanette Thompson tersandung atau terantuk, dia lebih sering berteriak “Aish,” ungkapan dalam bahasa Korea yang mirip artinya dengan “Oh no!” atau “Sialan!”.

Thompson, seorang make-up artist yang tinggal di Los Angeles, tidak pernah pergi ke Korea Selatan dan sama sekali tidak bisa bicara bahasa Korea. Namun, fakta bahwa dia lebih sering mengumpat dalam bahasa yang ia tidak kuasai adalah bukti kesenangannya mengonsumsi tayangan drama Korea atau drakor.

Thompson pertama kali mengenal drakor lebih dari 10 tahun lalu ketika ia membolak-balik chanel TV di saluran TV gratis. Tak lama kemudian, dia sudah terpesona dengan Pink Lipstick, komedi romantis dengan tokoh utama yang tampan dan jalan cerita melodramatis, mengingatkannya pada The Young and The Restless, opera sabun yang sering ia tonton dengan neneknya. Sejak saat itu, ketertarikannya terhadap drakor muncul.

Hari ini di akun Netflix Thompson penuh dengan antrian serial drakor yang ingin ia tonton. Ia bahkan berlangganan streaming lain, Viki, agar bisa mengakses lebih banyak K-drama. Dia juga pergi ke restoran Korea untuk mencoba makanan yang ia lihat di tayangan dan bahkan berencana pergi ke Korea Selatan pada 2025 nanti.