Logo Bloomberg Technoz

Maskapai Diminta Jual Tiket Pesawat Domestik Lebih Murah

07 April 2023 11:01

Pesawat Garuda Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pesawat Garuda Indonesia. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan menghimbau agar maskapai, yang melayani rute penerbangan domestik, bisa menawarkan tiket kelas ekonomi dengan harga yang terjangkau.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/4/2023), mengatakan tiket yang terjangkau akan dinikmati oleh masyarakat. 

Permintaan ini juga berlandaskan kemampuan daya beli masyarakat yang belum sebenuhnya pulih akibat pandemi Covid-19. Hal ini menjadi perhatian pemerintah apalagi dalam waktu dekat memasuki masa angkutan mudik lebaran tahun 2023.

“Memasuki masa libur lebaran tentunya kebutuhan terhadap layanan jasa angkutan udara juga meningkat. Sehingga kami menghimbau kepada maskapai agar memperhatikan penerapan tarif penumpang kelas ekonomi yang terjangkau bagi masyarakat,” kata dia.

Dari data Kementerian Perhubungan, pada libur lebaran tahun ini akan terjadi puncak arus mudik pada 19 April hingga 21 April. Sedangkan puncak arus balik pada 24 April hingga 25 April. Dengan demikian dibutuhkan pengaturan penumpang hingga tidak terjadi penumpukan.