Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora

Sultan Ibnu Affan
03 April 2023 13:01

Dito Ariotedjo (Tangkapan Layar via Instagram @ditoariotedjo)
Dito Ariotedjo (Tangkapan Layar via Instagram @ditoariotedjo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainuddin Amali. Kader muda Partai Golkar ini akan dilantik sore ini di Istana Negara.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi membenarkan informasi pemilihan rekannya tersebut sebagai menteri dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. 

"Saya yakin beliau bisa melanjutkan kerja baik dari pak ZA [Zainuddin Amali] Menpora sebelumnya, dan bekerja secara profesional," kata dia melalui pesan singkat, Senin (3/4/2023).

Sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto memang telah menyerahkan tiga nama kader partai berlambang pohon beringin tersebut ke presiden. Hal ini dilakukan usai Zainuddin Amali memilih meninggalkan kursi Menpora usai terpilih sebagai Wakil Ketua II Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), 9 Maret 2023. 

Berdasarkan agenda yang diterima Bloomberg Technoz, Jokowi rencananya akan melantik anggota baru Kabinet Indonesia Maju sekitar pukul 16.00 WIB. Selain Dito, Jokowi juga akan melantik Komisaris Jenderal Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Dia menggantikan Komjen Boy Rafli Amar yang memasuki usia pensiun, akhir Maret lalu.