Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Restui Pengunduran Diri Menpora Zainudin Amali

Fransisco Rosarians Enga Geken
13 March 2023 20:58

Presiden Jokowi ucapkan selamat atas peluncuran Bloomberg Technoz (tangkapan layar video)
Presiden Jokowi ucapkan selamat atas peluncuran Bloomberg Technoz (tangkapan layar video)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan persetujuan terhadap pengunduran diri Zainudin Amali dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga. Meski surat resminya masih di Sekretariat Negara, dia mengatakan, telah menyampaikan restu tersebut secara langsung kepada politikus Partai Golkar tersebut, tadi Pagi.

"Menpora (Zainudin) tadi pagi bertemu saya. Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan ke Setneg, dan tadi saya sudah menyetujui," kata Jokowi usai meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023).

Dalam rekaman video yang diunggah Sekretariat Presiden, Jokowi juga mengatakan telah menunjuk Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy sebagai pejabat pelaksana tugas atau Plt Menpora. Dia pun masih menolak membeberkan calon pengganti Zainudin yang resmi.

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kita putuskan," ujar dia.

Sebelumnya, Zainudin Amali memutuskan untuk mundur dari jabatan Menpora usai terpilih sebagai Wakil Ketua Umum II Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Februari lalu. Dalam Kongres Luar Biasa (KLB) tersebut, Zainudin akan bekerja sama dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang terpilih sebagai Ketua Umum dan Ratu Tisha sebagai Waketum I.