Logo Bloomberg Technoz

"Setelah situasi sedikit mereda minggu ini, laporan hari ini menawarkan beberapa jaminan bahwa, setidaknya, keadaan tidak menjadi lebih buruk," tulis ekonom Jefferies Thomas Simons dan Aneta Markowska dalam sebuah catatan kepada klien.

Instrumen pinjaman The Fed (Sumber: Bloomberg)

Pinjaman dari program penopang likuiditas tradisional The Fed, yang biasa disebut “discount window” tercatat sebesar US$ 88,2 miliar. Sebagai perbandingan pekan sebelumnya nilainya US$ 110,2 miliar, dan rekor nilai terbesar US$ 152,9 miliar dalam periode gejolak perbankan awal bulan ini.

Adapun dari dukungan dana terbaru The Fed, atau dikenal sebagai Bank Term Funding Program (BTFP) tecatat US$ 64,4 miliar dibandingkan dengan US$ 53,7 miliar di pekan sebelumnya. BTFP adalah program baru yang diluncurkan 12 Maret lalu setelah runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank.

Ahli strategi TD Securities Priya Misra dan Molly McGown, yang merujuk pada data sebelumnya untuk periode hingga 15 Maret, yang menunjukkan penurunan simpanan bank pada paruh pertama bulan tersebut, mengatakan berkurangnya penggunaan fasilitas ini menandakan sedikit perbaikan likuiditas perbankan, meski ketidakpastian masih ada.

Simpanan di bank turun US$ 98,4 miliar menjadi US$ 17,5 triliun dalam pekan yang berakhir 15 Maret, menurut angka yang dirilis pada 24 Maret oleh The Fed.

Sementara itu, pinjaman dari The Fed untuk menjembatani bank yang didirikan oleh lembaga penjamin simpanan AS, The Federal Deposit Insurance Corp. (FDIC), untuk penyelesaian SVB dan Signature Bank, naik sedikit menjadi US$ 180,1 miliar dalam seminggu hingga 29 Maret, dari US$ 179,8 pada minggu sebelumnya.

(bbn)

No more pages