Logo Bloomberg Technoz

Kredit Perbankan Tumbuh 13,09% di April, Tertinggi dalam 5 Tahun

Azura Yumna Ramadani Purnama
22 May 2024 15:26

Ilustrasi ATM Bank. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi ATM Bank. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan pertumbuhan kredit perbankan pada April mencapai 13,09%. Ini menjadi catatan yang positif.

"Kredit tumbuh 13,09% year-on-year (yoy) pada April adalah pertumbuhan yang tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Good news-nya adalah pertumbuhannya broadbase," kata Juda Agung, Deputi Gubernur BI, dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Mei, Rabu (22/5/2024).

Dari sisi sektor, lanjut Juda, penyaluran kredit terjadi di manufaktur, pertambangan, jasa dunia usaha dan sebagainya. Dari sisi kelompok bank, hampir seluruhnya membubukan pertumbuhan penyaluran kredit yang prima, terutama bank-bank besar.

"Kredit ke korporasi tumbuh tinggi, di atas 20%. Ini menujukkan bahwa ekonomi terus menggeliat, dan itu juga tercermin dari DPK (Dana Pihak Ketiga) yang tumbuh 8,21% dengan peningkatan tertinggi adalah DPK korporasi," terang Juda.

Ke depan, sambung Juda, BI masih mempertahankan perkiraan pertumbuhan kredit sepanjang 2024 di kisaran 10-12%. "Namun cenderung di batas atas range tersebut," tegasnya.