Logo Bloomberg Technoz

Kredit Perbankan Tumbuh Tinggi di April, Lebih dari 13%

Azura Yumna Ramadani Purnama
22 May 2024 14:33

Ilustrasi ATM Bank. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi ATM Bank. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan penyaluran kredit perbankan tumbuh tinggi pada April. Sepanjang 2024, kredit diperkirakan tumbuh dua digit.

Pada Rabu (22/5/2024), Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan kredit tumbuh 13,09% year-on-year (yoy) pada April. Angka ini lebih tinggi ketimbang Maret yang tumbuh 11,8%.

"Didorong oleh pertumbuhan kredit di banyak sektor industri, jasa dunia usaha, dan perdagangan sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi," katanya dalam jumpa pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode Mei.

Peningkatan pertumbuhan kredit, lanjut Perry, ditopang oleh tinggnya permintaan dan keinginan perbankan yang terjaga karena permodalan tinggi. Pertumbuhan kredit juga ditopang oleh pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang mencapai 8,21%.

Dari sisi permintaan, tambah Perry, permintaan kredit didukung oleh kinerja korporasi dan rumah tangga yang terjaga. Berdasarkan kelompok, kredit investasi, modal kerja, dan konsumsi tumbuh masing-masing 15,69%, 13,25%, dan 10,34%.