Logo Bloomberg Technoz

Microsoft Rilis Copilot+PC, Siap Bersaing Kembali dengan Apple

News
21 May 2024 07:30

CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)
CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)

Emily Chang dan Dina Bass - Bloomberg News

Bloomberg, CEO Microsoft Corp Satya Nadella bertaruh bahwa generasi baru komputer dengan chip kecerdasan buatan (AI) khusus dan performa lebih cepat akan menghidupkan kembali persaingan antara PC Windows dan Mac keluaran Apple Inc.

“Apple telah melakukan pekerjaan yang fantastis,” kata Nadella dalam wawancara dengan Bloomberg Television pada Senin (20/05/2024). “Sekarang kami ingin menghadirkan kembali persaingan nyata antara Windows versus Mac.”

Microsoft meluncurkan kategori baru PC berfokus AI bernama Copilot+PC. Berkat chip khusus untuk pemrosesan AI, perusahaan mengatakan, mesin dari lini Surface Microsoft dan produsen lain akan lebih bertenaga dan 58% lebih cepat daripada MacBook Air M3 terbaik dari Apple. Perangkat keras baru ini akan mulai dijual dari harga US$1.000 dan dikirim pada 18 Juni.

Apple sedang mengejar ketertinggalan dengan rival Big Tech di bidang AI tetapi bersiap untuk memaparkan strategi ambisius di Konferensi Pengembang Seluruh Dunia bulan depan. Perusahaan menempatkan chip kelas atas - mirip dengan yang dirancang untuk Mac - di server komputasi awan (cloud-computing) yang dibuat untuk memproses tugas AI paling canggih yang akan hadir di perangkat Apple, Bloomberg melaporkan sebelumnya. Fitur terkait AI yang lebih sederhana akan diproses langsung di iPhone, iPad, dan Mac.