Logo Bloomberg Technoz

Jawaban Apple Atas Gugatan Fortnite Jadi Bumerang di Pengadilan

News
18 May 2024 12:15

Tampilan layar perangkat Apple, iPhone.
Tampilan layar perangkat Apple, iPhone.

Leah Nylen—Bloomberg News

Bloomberg, Hakim federal Amerika Serikat (AS) skeptis atas pembebanan 27% oleh Apple Inc kepada para developer untuk pembelian di luar App Store. Hakim menanyakan Carson Oliver, direktur senior untuk manajemen bisnis App Store, atas langkah Apple.

Diketahui Hakim Distrik AS Yvonne Gonzalez Rogers di Oakland, California, mendengarkan kesaksian guna menentukan apakah pembuat iPhone tersebut mematuhi perintah pengadilan tahun 2021 dalam kasus antimonopoli yang diajukan oleh pembuat Fortnite, Epic Games Inc —termasuk mengizinkan pengembang aplikasi untuk menautkan ke opsi pembayaran yang tidak dikontrol oleh Apple.

Oliver kemudian bersaksi bahwa perusahaan menyewa perusahaan konsultan ekonomi Analysis Group Inc untuk membantu menciptakan tingkat komisi baru untuk pembelian. 

Namun Rogers berulang kali menegur Oliver atas pernyataannya tentang bagaimana Apple memutuskan akan mengenakan biaya 27% kepada para pengembang untuk pembelian barang atau layanan digital yang dilakukan di luar App Store, mengingat nilai terendah dari kisaran yang ada dalam studi Analysis Group adalah 12,3%.