Logo Bloomberg Technoz

Sepekan Penerbangan Haji, 38 dari 80 Penerbangan Garuda Terlambat

Redaksi
21 May 2024 06:10

Ilustrasi Haji (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Haji (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia mencatatkan keterlambatan penerbangan para jemaah haji hingga 47,5%. Dari total 80 penerbangan, 38 di antaranya mengalami keterlambatan.

“Satu pekan pertama, persentase keterlambatan keberangkatan pesawat Garuda Indonesia sangat tinggi, mencapai 47,5%,” ungkap Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie di Jakarta, Senin (20/5/2024), dikutip laman resmi Kemenag.

"Bahkan ada keterlambatan sampai 3 jam 50 menit. Kalau ditotal, keterlambatan (Garuda) mencapai 32 jam 24 menit. Ini tentu sangat disayangkan. Kita sudah memberikan teguran tertulis agar ke depan harus diperbaiki,” ujarnya.

Seperti diketahui, pemberangkatan jemaah haji Indonesia sudah berlangsung satu pekan. Kelompok Terbang (kloter) pertama pada sejumlah embarkasi diberangkatkan pada 12 Mei 2024. Hingga saat ini, terhitung ada 152 kloter yang sudah diterbangkan dari Tanah Air ke Tanah Suci.

“Untuk Saudia Airlines, dalam sepekan ini mengalami keterlambatan pemberangkatan hingga 18,06% dari total 72 penerbangan. Total keterlambatan mencapai empat jam tujuh menit. Saya harap peristiwa keterlambatan bisa terus ditekan,” tegas Anna.