Logo Bloomberg Technoz

Ancaman MERS-CoV di UEA, Jemaah Haji Diimbau Jangan Dekat Unta

Septiana Ledysia
20 May 2024 17:40

Ilustrasi Biaya Haji (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Biaya Haji (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wabah Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di Arab Saudi sedang tinggi. Kemenkes imbau masyarakat atau jemaah haji asal Indonesia waspada dan tidak berdekatan dengan unta.

Menurut Surveilans Karantina Kesehatan Direktoral Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, dr Achmad Farchanny Tri Adryanto, M.K.M, penyakit MERS-CoV bisa dicegah dengan memakai masker.

“Mengimbau jangan sering jalan-jalan di sana, ke pasar cari oleh-oleh, apalagi kalau jalan-jalan ke peternakan unta. Jadi fokus beribadah, ke Masjid Nabawi atau Masjid Masjidil Haram untuk ibadah,” kata Farchanny yang dikutip dari laman sehat negeriku Kemenkes, Senin (20/5/2024).

Selain jemaah haji diminta jangan ke peternakan unta, Farchanny juga meminta para jemaah haji untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman dari unta.

“Hindari mengonsumsi produk-produk unta secara mentah. Susu unta banyak di sana. Boleh minum susu tapi harus dimasak. Makan daging unta atau sate unta diperbolehkan asal sudah dimasak dengan matang,” tambah Farchanny.