Logo Bloomberg Technoz

Kementan Pastikan Pemberian Alsintan dan Pupuk Tepat Sasaran

Pramesti Regita Cindy
10 May 2024 17:45

Stok pupuk di gudang Petrokimia Gresik./dok. Petrokimia Gresik
Stok pupuk di gudang Petrokimia Gresik./dok. Petrokimia Gresik

Bloomberg Technoz, Jakarta - Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen Kementan) Setyo Budiyanto menyebut bahwa kementeriannya akan mengoptimalkan pemberian bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) di wilayah Jawa Barat dan pendistribusian pupuk ke petani agar tepat sasaran.

Penyerahan bantuan Alsintan kepada petani ini, kata Setyo, merupakan bagian dari tahap awal guna meningkatkan produktivitas pertanian, seperti memantau dan penempatan pompa air, hingga persiapan masa tanam.

"Memastikan distribusi pupuk tepat sasaran, mengecek luas lahan dan terakhir saat panen nantinya tidak ada kendala dan sesuai target, sehingga antara biaya yang dikeluarkan relevan dengan hasil yang dicapai," ujar Setyo dalam keterangannya, dikutip Jumat (10/5/2024).

Selaku penanggungjawab Satgas Antisipasi Darurat Pangan, Setyo menyatakan bahwa pihaknya juga sedang membahas upaya mitigasi dan risiko di lapangan. Menurut dia, setiap kendala penyelesaiannya harus melihat kondisi yang ada di lapangan.

"Mitigasi pastinya sesuai tahapan dan belajar dari pengalaman permasalahan-permasalahan sebelumnya. Para pegawai yang diberikan tanggung jawab sesuai wilayah Kabupaten/Kota mau duduk bareng dengan petani, penyuluh, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, saya yakin semua masalah akan ada solusinya," jelasnya.