Logo Bloomberg Technoz

BI Klaim Dana Asing Masuk RI Usai BI Rate Naik

Azura Yumna Ramadani Purnama
08 May 2024 14:42

Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)
Bank Indonesia. (Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan transaksi aliran dana asing non-residen yang masuk ke pasar keuangan Indonesia melalui instrumen Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) mencapai Rp19,77 triliun pada dua pekan pertama Mei 2024.

Bank sentral mengklaim aliran dana asing yang masuk ke pasar Indonesia ini menunjukkan bahwa kebijakan moneter BI dalam menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) dan imbal hasil SRBI telah meningkatkan keyakinan investor global, sehingga hal ini mampu menarik aliran modal asing melalui instrumen keuangan.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan terjadi aliran masuk modal asing sebesar Rp19,77 triliun. Angka ini berasal dari aliran modal asing masuk Rp16,19 triliun pada pekan pertama Mei, dan Rp3,58 triliun pada pekan kedua Mei.

"Aliran modal asing dan nilai tukar lebih baik dibanding yang diperkirakan ketika memutuskan kebijakan moneter BI," ujar Perry dalam Media Briefing bertajuk 'Perkembangan Ekonomi Terkini', Rabu (8/5/2024).

Sementara itu, di instrumen Surat Berharga Negara (SBN), terjadi aliran modal asing yang masuk Rp8,1 triliun pada dua pekan pertama bulan ini. Rinciannya, pekan pertama terjadi aliran modal asing masuk Rp5,74 triliun dan pekan kedua aliran modal asing yang masuk Rp2,36 triliun.