Logo Bloomberg Technoz

Konsumsi Masih Jadi Motor Ekonomi RI, Menyumbang Hampir 55%

Sultan Ibnu Affan
06 May 2024 11:26

Pengunjung beraktivitas di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat, Minggu (14/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pengunjung beraktivitas di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat, Minggu (14/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonomi Indonesia tumbuh 5,11% pada kuartal I-2024. Dari sisi pengeluaran, konsumsi rumah tangga masih menjadi penyumbang terbesar.

"Dari sisi pegeluaran, pada triwulan I-2024 secara year-on-year seluruh komponen tumbuh positif," kata Amalia Adininggar Widyasanti, Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), dalam jumpa pers di kantornya, Senin (6.5.2024).

Konsumsi rumah tangga, lanjut Amalia, tumbuh 4,91% pada kuartal I. Kontribusinya terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 54,93%.

"Bulan Ramadan yang berlangsung pada triwulan I-2024 turut mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga. Kelompok yang tumbuh tinggi antara lain adalah transportasi dan komunikasi, yang tercermin dari pertumbuhan indeks perdagangan eceran dari suku cadang aksesoris, bahan bakar kendaraan, dan transportasi laut-udara," jelas Amalia.

Sektor lain yang juga tumbuh tinggi adalah restoran dan hotel. Tercermin dari tingkat hunian kamar hotel serta makanan-minuman selama Ramadan.

Sumber: BPS