Logo Bloomberg Technoz

Saat Satya Nadela Membahas Kecanggihan AI Milik BRI

Redaksi
30 April 2024 19:18

CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)
CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - CEO Microsoft Satya Nadella hadir dalam acara Microsoft Build: AI Day Jakarta yang merupakan rangkaian acara dalam kunjungannya ke Indonesia. Dalam acara tersebut, salah satu CEO tersukses di dunia ini sempat memuji PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) karena aktif mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Satya Nadella mengatakan Bank BRI telah mengembangkan solusi berbasis AI generatif, mulai dari mesin pencari instruksi kerja untuk layanan pelanggan yang lebih cepat, ‘pabrik konten’ untuk menyelaraskan pembuatan materi pemasaran, alat pembuatan surat untuk menstandarisasi dokumen administrasi, dan sebuah chatbot digital bernama Sabrina.

"Sabrina, yang didukung AI, dimanfaatkan memberikan informasi produk keuangan yang transparan kepada jutaan masyarakat Indonesia," kata Satya Nadella di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Selain BRI, tiga perusahaan, termasuk satu startup dan lembaga pendidikan yang memanfaatkan AI generatif Microsoft adalah PT Telkom, eFishery, BUMA, dan Universitas Terbuka.

AI generatif dipakai Telkom, BUMN bidang telekomunikasi untuk meningkatkan efisiensi coding perusahaan sejak mengadopsi GitHub Copilot di pertengahan tahun 2023, serupa yang baru diadopsi startup finansial teknologi, Dana Indonesia.