Logo Bloomberg Technoz

Amankah Pil KB Digunakan oleh Perempuan Berusia 15 Tahun

Dinda Decembria
30 April 2024 18:40

Ilustrasi KB (Foto: Istimewa/Freepik.com)
Ilustrasi KB (Foto: Istimewa/Freepik.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Alat kontrasepsi atau KB digunakan sebagai langkah bijak untuk meningkatkan kesehatan reproduksi. 

Terdapat beberapa jenis alat kontrasepsi tersedia untuk membantu pasangan suami istri merencanakan kehamilan, menunda kehamilan, atau menyudahi tak ingin memiliki keinginan anak lagi. Salah satunya KB.

Pasien yang menjalani program KB ialah pasangan suami istri di usia subur yakni 15-49 tahun. Lalu muncul pertanyaan apakah pada usia minimal 15 tahun sudah boleh menjalani program KB?

"Kalau memang ada indikasinya, misalnya beberapa orang yang sudah menikah di usia 15 tahun, ini kita nggak berbicara tentang undang-undang pernikahan ya. Jadi, kalau sudah menikah mau menunda ya boleh-boleh saja gitu. Dan sesuai definisi pasangan subur itu 15-49 tahun jadi boleh menggunakan KB," kata DR dr Liva Wijaya SpOG, Dokter Spesialis Kandungan kepada Bloomberg Technoz, Selasa (30/4/2024).

Jenis alat KB

Alat kontrasepsi KB terbagi menjadi 3, sesuai tujuannya yaitu menunda kehamilan, menjarangkan anak dan menghentikan kehamilan.