Logo Bloomberg Technoz

Houthi Serang Empat Kapal di Samudra Hindia-Laut Merah

Redaksi
30 April 2024 14:10

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kelompok Houthi Yaman mengatakan bahwa mereka menargetkan kapal kontainer MSC Orion dalam sebuah serangan pesawat tak berawak di Samudera Hindia sebagai bagian dari kampanye mereka yang sedang berlangsung terhadap pelayaran internasional sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina yang menentang aksi militer Israel di Gaza.

Melansir Reuters, Selasa (30/4/2024), MSC Orion berbendera Portugal berlayar antara pelabuhan di Sines, Portugal dan Salalah, Oman dan pemiliknya terdaftar sebagai Zodiac Maritime, menurut data LSEG.

Zodiac sebagian dimiliki oleh pengusaha Israel, Eyal Ofer. Perusahaan ini tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Militan Houthi yang bersekutu dengan Iran telah meluncurkan serangan pesawat tak berawak dan rudal berulang kali di Laut Merah, Selat Bab al-Mandab, dan Teluk Aden sejak November, memaksa para pengirim untuk mengubah rute pengiriman kargo menjadi lebih lama dan lebih mahal di sekitar Afrika Selatan dan memicu kekhawatiran bahwa perang Israel-Hamas dapat menyebar dan mengganggu kestabilan di Timur Tengah.

Pada Maret, pemimpin kelompok ini mengatakan bahwa mereka memperluas wilayah serangannya untuk mencegah kapal-kapal yang terkait dengan Israel melewati Samudera Hindia menuju Tanjung Harapan.