Logo Bloomberg Technoz

Laba Samsung Melonjak Usai Ledakan AI Balikkan Kerugian Cip

News
30 April 2024 11:50

Ilustrasi Samsung Electronics Co. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Samsung Electronics Co. (Dok: Bloomberg)

Yoolim Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Pendapatan Samsung Electronics Co melampaui estimasi analis setelah divisi semikonduktornya kembali meraih keuntungan karena perusahaan seperti Microsoft Corp dan Alphabet Inc memimpin lonjakan pengeluaran untuk layanan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Pembuat cip memori terbesar di dunia ini melaporkan laba bersih sebesar 6,62 triliun won (US$4,8 miliar) pada kuartal Maret, dibandingkan dengan proyeksi rata-rata analis sebesar 5,63 triliun won. Angka tersebut lebih dari empat kali lipat pendapatan perusahaan setahun sebelumnya.

Hasil ini menggarisbawahi bagaimana permintaan untuk cip memori yang mendukung elektronik modern dan AI mulai pulih setelah penurunan yang parah. Saham perusahaan naik sebanyak 2,4% di perdagangan Seoul.

Samsung, yang juga merupakan produsen ponsel pintar terbesar di dunia, sedang berusaha membalikkan penurunan selama setahun yang dipicu oleh ketidakpastian ekonomi global. Pada tahun 2023, laba operasional perusahaan secara keseluruhan anjlok ke level terendah dalam 15 tahun terakhir setelah unit semikonduktornya membukukan kerugian sebesar 14,9 triliun won.