Logo Bloomberg Technoz

Usai pernyataan itu, saham Credit Suisse jatuh ke level terendahnya sepanjang sejarah yang kemudian menyeret jatuh semua bank lain di Eropa akibat upaya investor menghindar dari resiko baru setelah tumbangnya tiga bank di Amerika Serikat (AS).

Beberapa hari setelahnya, UBS Group AG setuju untuk membeli Credit Suisse dalam sebuah kesepakatan bersejarah yang diatur oleh pemerintah Swiss demi mengatasi krisis kepercayaan yang mulai menyebar ke seluruh pasar keuangan global.

SNB, yang 37%-nya dimiliki oleh kerajaan Saudi itu mengalami penurunan nilai investasi di Credit Suisse. Nilainya anjlok sekitar US$ 1 miliar (Rp 1,5 triliun) dalam hitungan bulan setelah mengakuisisi sekitar 9,9% saham sebesar 1,4 miliar franc tahun lalu.

Lahir pada tahun 1963, Al Khudairy menghabiskan kariernya di sektor keuangan Arab Saudi mengepalai beberapa institusi terkemuka kerajaan. Dia pernah menjadi chairman di Goldman Sachs Group Inc. dan Morgan Stanley di Arab Saudi.

Al Khudairy juga adalah pendiri bisnis manajemen aset Amwal AlKhaleej dan Amwal Capital Partners, yang berbasis di Riyadh dan Dubai.

Adapun SNB telah menunjuk Talal Ahmed Al Khereiji untuk mengisi posisi CEO.

(bbn)

No more pages