Logo Bloomberg Technoz

Lahan Tebu Merauke: Sugar Co Jadi Pengelola, Lagi Cari Investor

Dovana Hasiana
29 April 2024 13:30

Kemenperin saat mengunjungi perkebunan tebu di lahan rawa milik PT Pratama Nusantara Sakti. (Dok. Kemenperin)
Kemenperin saat mengunjungi perkebunan tebu di lahan rawa milik PT Pratama Nusantara Sakti. (Dok. Kemenperin)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Sinergi Gula Nusantara (PT SGN) atau Sugar Co mengonfirmasi akan mengelola lahan tebu yang disiapkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Swasembada Gula dan Bioetanol di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Namun, perseroan hingga saat ini belum mendapatkan mitra atau investor yang bakal digandeng untuk mengelola lahan tebu tersebut. 

Bukan hanya itu, Sugar Co mengaku juga masih dalam proses untuk mencari investor untuk mengelola lahan tebu dan pabrik gula di Sumatra Selatan, Lampung serta Sulawesi Selatan.

“Rencananya Sugar Co akan mengelola lahan tebu di Merauke bersama mitra atau investor. Sampai saat ini kami belum mendapatkan investor, masih dalam proses pencarian, baik investor untuk pengelolaan lahan tebu dan pabrik gula di Sumsel, Lampung, Sulawesi Selatan maupun di Merauke,” ujar Presiden Direktur PT SGN Aris Toharisman kepada Bloomberg Technoz, Senin (29/4/2024). 

Pertani sedang membawa tebu ke pabrik gula. (Mercury Bloomberg)


Di tempat terpisah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah telah mengidentifikasi lahan tebu dengan luas 2 juta hektare (ha) di Merauke, yang bakal dikelola oleh swasta dan BUMN.