Logo Bloomberg Technoz

"Yang lain (parpol-parpol) sudah tahu akan ambil belokan yang mana, kita menunggu PKS ambil ambil yang mana," ujar Anies.

Halal bihalal PKS dihadiri Surya Paloh dan juga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ketua DPD RI La Nyala Mataliti.

NasDem Dukung Prabowo-Gibran

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh memastikan partainya mendukung dengan penuh pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Pernyataan tersebut disampaikan Paloh usai bertamu ke kediaman Prabowo di Kertanegara, Kamis (25/4/2024).

"NasDem hari ini menyatakan, kembali menegaskan, mendukung pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran," ujar Paloh usai pertemuan.

Seperti diketahui, Prabowo-Gibran mulanya diusung oleh empat partai: Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. Dalam catatan Bloomberg Technoz, total raihan kursi di parlemen tersebut sudah mencapai 43,1% kursi di DPR.

Angka tersebut berdasarkan perincian Golkar 15,3% atau diprediksi 102 kursi, Gerindra dengan 13,2% suara atau diprediksi 86 kursi, Partai Demokrat dengan 7,4% suara atau diprediksi 48 kursi, dan PAN dengan 7,2% atau diprediksi setara 44 kursi. 

Sementara itu, NasDem, salah satu dari lima besar parpol di Senayan diketahui meraih 9,6% suara atau diprediksi setara dengan 69 kursi. 

Dukungan NasDem secara otomatis menambah kekuatan parlemen untuk Prabowo-Gibran mencapai 52%.

Kekuatan Prabowo-Gibran kemungkinan bertambah, seiring sinyal PKB yang kemungkinan kuat turut bergabung. Jika ditambah PKB, maka kekuatan Prabowo-Gibran mencapai 10,6% kursi di parlemen. 

(prc/ain)

No more pages