Logo Bloomberg Technoz

AS dan Ukraina Teken Kontrak Penyediaan Senjata Rp97 Triliun

News
27 April 2024 13:00

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin (Sumber: Bloomberg)
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin (Sumber: Bloomberg)

Roxana Tiron (BGOV) dan Tony Capaccio - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin pada Jumat mengonfirmasi komitmen senilai US$6 miliar atau sekitar Rp97 triliun untuk kontrak jangka panjang guna menyediakan senjata, seperti rudal Patriot, amunisi artileri, dan drone kepada Ukraina.

Austin memaparkan komitmen luas, tapi belum menandatangani kontrak, yang kemungkinan akan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan berdasarkan Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina untuk sistem yang kemudian akan dikirimkan seiring berjalannya waktu.

Dia berbicara di Pentagon setelah pertemuan virtual Kelompok Kontrak Pertahanan Ukraina, yang memberikan dukungan militer kepada Ukraina dalam perjuangannya melawan invasi Rusia.

Menteri Pertahanan menyoroti beberapa sistem yang pada akhirnya akan dikirim ke Ukraina berdasarkan inisiatif ini: pencegat rudal Patriot yang dibuat oleh RTX Corp. dan Lockheed Martin Corp. serta amunisi untuk National Advanced Surface-to-Air-Missile Systems, amunisi artileri , amunisi darat-ke-udara dan drone penyerang Switchblade dan Puma.