Logo Bloomberg Technoz

Austin mengakui kebutuhan Ukraina akan lebih banyak baterai Patriot, tidak hanya pencegat yang mereka tembakkan, dan mengatakan bahwa dia telah bekerja sama dengan rekan-rekannya di Eropa dalam upaya untuk menemukan negara-negara yang bersedia menyerahkan baterai berharga tersebut.

Kontrak senilai US$6 miliar ini terpisah dari paket Presidential Drawdown Authority yang menarik peralatan dari inventaris AS untuk penempatan cepat dan pengisian ulang di kemudian hari.

“Kami akan bergerak secepat yang kami bisa – secepat yang dapat diproduksi oleh industri,” kata Austin kepada wartawan.

Setelah menandatangani undang-undang keamanan nasional senilai US$95 miliar pada hari Rabu, Presiden Joe Biden mengatakan bantuan ke Ukraina akan mulai disalurkan dalam hitungan jam. Dia mengatakan bantuan militer tersebut akan mencakup “amunisi pertahanan udara, artileri untuk sistem roket, dan kendaraan lapis baja.” Bantuan tersebut telah tertahan di DPR AS selama berbulan-bulan sementara Rusia mengambil inisiatif dalam konflik tersebut, yang kini sudah memasuki tahun ketiga.

AS mengatakan bantuan tahap awal bernilai US$1 miliar dan akan mencakup pencegat pertahanan udara, peluru artileri, kendaraan lapis baja, dan senjata anti-tank – transfer pertama dari pendanaan baru senilai US$61 miliar.

(bbn)

No more pages