Logo Bloomberg Technoz

Disaat yang sama, Danis juga menjelaskan bahwa pembangunan kantor Presiden di IKN telah mencapai 82 persen. Dimana, progres pembangunan untuk istana presiden telah 63 persen dan kantor Presiden 82 persen, yang mana secara rata-rata menurutnya sudah 70 persen.

Selain itu, ia memaparkan bahwa pembangunan tahap 1 di IKN Nusantara sudah mencapai angka hampir 80%. Adapun salah satu proyek yang hampir rampung adalah pengaspalan badan jalan di sekitar Sumbu Kebangsaan.

"Badan jalannya sudah diaspal, sudah 80an persen lebih sedang dipadatkan," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah memastikan bahwa Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2024, akan berlangsung di kawasan IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dia bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju pun telah meninjau kesiapan fisik calon lapangan upacara HUT Ke-79 RI.

"Enggak ada masalah. Fisiknya tidak ada masalah sampai hari ini," kata Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden, Jumat (1/3/2024).

Selain infrastruktur fisik, menurut dia, pemerintah juga sudah memulai persiapan teknis lainnya. Badan Otorita IKN dan Sekretariat Presiden, kata dia, telah mengatur dan mempersiapkan kebutuhan acara; mulai dari kapasitas hingga rangkaian acaranya.

"Sudah sedetail itu. Sudah mulai Januari [2024]. Sudah hampir final," ujar Jokowi.

(prc/ain)

No more pages