Logo Bloomberg Technoz

“Pada kasus Meta ini masih ada dengan beberapa inisiatif seputar AI dan semua yang mereka lakukan untuk terus meningkatkan penargetan dan keterlibatan,” kata Hanna Howard, manajer portofolio di Gabelli Funds.

“Masih ada ruang untuk pertumbuhan di lini atas, juga untuk terus meningkatkan margin. Dan, di mana saham ini diperdagangkan saat ini, pada level saat ini ini, saham ini masih terlihat menarik.”

Pada Rabu waktu AS saham Meta Platforms justru bergerak  turun sebanyak 2,3%.

Reli saham Meta sejak Januari, unggul dari indeks Nasdaq 100 ataupun perusahaan media sosial sejenis. (Dok: Bloomberg)

Pada bulan Februari, Meta Platforms melaporkan pertumbuhan besar-besaran dalam laba dan pendapatannya di kuartal keempat—yang juga menggambarkan dampak dari langkah-langkah pemangkasan biaya lewat serangkaian pemutusan hubungan kerja (PHK).

Meta Platforms juga mengumumkan program pembelian kembali saham senilai US$50 miliar dan membagikan dividen. 

Sebaliknya, Snap dan Pinterest menunjukkan pertumbuhan yang mengecewakan. Hal ini telah menciptakan ekspektasi tinggi yang mungkin sulit untuk diatasi.

Kali ini, laba Meta Platforms diperkirakan akan meningkat hampir dua kali lipat pada kuartal I-2024, sementara pendapatan diperkirakan akan meningkat 26%. Ekspektasi lanjutan kinerja akan cenderung turun di akhir tahun, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. 

Para investor akan mencari berita terbaru terkait AI, yang telah digunakan Meta untuk meningkatkan bisnis iklan. Perusahaan baru-baru ini meluncurkan versi baru dari model AI-nya, yang akan menjalankan asisten AI dalam aplikasi.

“Meta Platforms benar-benar telah berevolusi dari permainan sosial menjadi lebih ke arah AI, dan memiliki banyak keuntungan dari hal tersebut, ditambah, meskipun ada beberapa masalah yang muncul tahun ini, sekarang jauh lebih efisien,” kata Jay Woods, chief global strategist Freedom Capital Markets. 

Dengan saham yang jelas-jelas mengungguli Snap, Pinterest, dan Reddit tahun ini, Meta terus terlihat sebagai saham berharga murah di kelompok ini.  Saham Meta diperdagangkan pada 23 kali estimasi pendapatan, terdiskon terhadap rata-rata 10 tahun dan Indeks Nasdaq 100 secara keseluruhan, serta lebih murah daripada emiten platform medsos lain.

Walau Meta Platforms menghadapi pengawasan seputar parameter untuk remaja dan anak-anak di situs media sosialnya, Meta dapat mengambil manfaat dari beberapa pembatasan media sosial yang tertunda.

Pemerintah AS bertujuan untuk menutup TikTok, salah satu saingan terbesar Meta, dengan RUU divestasi atau pelarangan. Sementara itu, jumlah pengguna harian di X dilaporkan menurun dan Fidelity telah memangkas nilai posisinya di perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter ini.

“Tren pangsa pasar Meta terlihat bagus, tren AI terlihat bagus, sementara perusahaan-perusahaan sejenis terus mengalami penurunan. Dan ketika mereka meleset, pasar tidak kenal ampun,” kata David Katz, chief investment officer  Matrix Asset Advisors.

“Kami memiliki keyakinan yang jauh lebih kecil pada pemain sosial yang lebih kecil, yang tampaknya sedang berjuang.”

(bbn)

No more pages