Logo Bloomberg Technoz

Mahasiswa AS Demo Besar-besaran Kecam Israel, Ratusan Ditangkap

News
25 April 2024 07:40

Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina di kampus Universitas Columbia pada 22 April 2024. (Fotografer: Stephanie Keith/Bloomberg)
Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina di kampus Universitas Columbia pada 22 April 2024. (Fotografer: Stephanie Keith/Bloomberg)

Janet Lorin - Bloomberg News

Bloomberg, Mahasiswa di Universitas Harvard meningkatkan protes di kampus mereka atas konflik Israel-Hamas, mengikuti aksi serupa yang meletus di Universitas Columbia, Yale, dan Universitas New York (NYU).

Ratusan afiliasi Harvard berkumpul pada Rabu (24/04/2024) untuk berdemonstrasi menentang penangguhan Komite Solidaritas Palestina. Beberapa mahasiswa berbaris menuju Harvard Yard dari asrama mereka sambil bersorak-sorai dan mendirikan tenda.

Protes yang terjadi di berbagai kampus, mulai dari Universitas Michigan hingga Universitas California di Berkeley, berpusat pada seruan agar sekolah-sekolah tersebut memutuskan hubungan keuangan dengan perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel. Mereka juga menuntut diakhirinya bantuan militer AS, serta tindakan para administrator universitas untuk menghentikan tindakan disipliner terhadap mahasiswa.

Pihak universitas berusaha menjaga keseimbangan antara menjunjung tinggi kebebasan berbicara dan menjaga ketertiban. Beberapa universitas terpaksa melakukan penangkapan dan pembongkaran tenda-tenda protes.