Logo Bloomberg Technoz

Tahan Harga BBM, Cara Pertamina Hadapi Dampak Konflik Iran-Israel

Mis Fransiska Dewi
20 April 2024 13:30

Depo Pertamina di Tanjung Priok./Bloomberg-Dimas Ardian
Depo Pertamina di Tanjung Priok./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga menyatakan akan terus memonitor situasi memanasnya konflik Iran-Israel yang turut memengaruhi harga minyak dunia dan komponen bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri. 

Manager Media dan Stakeholder Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari mengatakan, dinamika harga yang fluktuatif ini telah dimitigasi agar tidak mengganggu operasional perusahaan.

“Pertamina Patra Niaga mengatur risiko kenaikan biaya akibat pelemahan nilai tukar dengan beberapa mitigasi seperti hedging nilai valuta asing [valas], efisiensi biaya distribusi, mencari sumber LPG, dan BBM yang paling optimum,” kata Heppy di kantor BPH Migas, Jumat (19/4/2024).

Menurut Heppy, sumber minyak dunia tidak hanya ada di wilayah Timur Tengah namun ada di daerah lain. Dia juga menyatakan, hingga saat ini Pertamina relatif tidak ada ketergantungan BBM dari Timur Tengah.

Sebagai Badan Usaha yang mengemban tugas pelayanan publik (PSO), Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menjaga pasokan BBM dan LPG nasional dan menyalurkan LPG dan BBM sesuai kebutuhan masyarakat, guna mendukung kegiatan ekonomi dan konsumsi dalam negeri.